Selasa, 17 Oktober 2023

Menemukan Jati Diri Lewat Traveling, Bagaimana Caranya?

traveling


Traveling! Setiap kali mendengar kata itu, rasanya semangatku seperti naik berkali-kali lipat. Aku suka traveling. Menurutku tidak ada alasan untuk tidak menyukai traveling. Semakin banyak dan jauh kita melakukan traveling, semakin kita akan merasa kurang. Pasti ingin lebih jauh lagi.


Aku mengenal traveling pertama kali ketika duduk di bangku kuliah, tapi sejatinya keinginan menjadi traveler sudah ada sejak duduk di bangku SMA. Saat itu aku sering diajak lomba oleh pihak sekolah, entah itu lomba olimpiade atau cepat tepat. Meski hanya antar kabupaten atau di kota provinsi, tapi aku merasa excited dan ingin ikut lagi.


Saat aku memulai kuliah, aku memutuskan kuliah dengan tujuan agar aku bisa ikut lomba ini-itu. Aku merasakansaat gap year aku kehilangan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini-itu, jadi ketika kuliah aku bertekad harus memanfaatkan privilege tersebut dengan baik.


Alhamdulillah terwujud. Pun, setelah lulus dan kerja aku diberikan kesempatan kerja dari mana saja dan itu menjadi kesempatan terbaik untuk memulai traveling.


Traveling Adalah Cara Menemukan Jati Diri


Buatku traveling adalah cara untuk menemukan jati diri. Aku adalah orang yang menghabiskan masa remaja dengan merasa insecure. Saat itu aku merasa diriku tidak berarti dan aku membenci diri sendiri. Aku pernah melalui masa-masa ingin menghancurkan diri sendiri.


Saat aku mulai traveling sendirian di taun 2017, aku mulai menemukan jati diri yang selama ini aku cari. Aku menemukan diriku dengan cara bepergian sendiri. Aku merasa ketika aku melakukan perjalanan seorang diri, aku bisa ngobrol dengan diri sendiri dan mengenal diri sendiri lebih jauh.


Saat berada di tempat asing tanpa seorang pun yang mengenalku, aku bisa memunculkan sisi diriku yang tidak kutemukan ketika berada di dekat orang yang kukenal. Aku tidak perlu takut ketika berkenalan dengan orang yang tidak ada hubungan denganku. Toh, mereka tidak ada sangkut pautnya dengan diriku, itu memberikan kesempatan bagi diriku untuk menjadi diri sendiri.


Mendapatkan Rasa Percaya Diri dengan Traveling


Sebagai orang yang menghabiskan banyak waktu dengan merasa insecure, aku mulai mendapatkan rasa percaya diri dengan traveling. Ketika aku traveling khususnya sendirian, aku tidak memiliki siapapun selain diri sendiri. Itu membuat diriku jadi mengandalkan diri sendiri.


Aku merasa diriku bisa melakukan banyak hal ketika melakukan traveling dan pasca traveling. Kebiasaan mengandalkan diri sendiri saat traveling membuatku mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi. Aku aja bisa melakukannya sendiri saat traveling, di luar itu aku pasti juga bisa.


Mewujudkan Impian dengan Traveling


Ada beberapa impian yang bisa terwujud dengan traveling. Mungkin ini tidak berlaku untuk semua orang, tapi buat aku pribadi, aku memiliki beberapa impian yang hanya bisa diwujudkan dengan traveling. Misalnya, nonton Indonesia Master dimana diadakan di jakarta. Untuk mewujudkannya aku harus melakukan traveling dari Lampung menuju Jakarta.


Saat kita memberanikan diri membuka kesempatan dengan traveling, kita bisa menamukan banyak hal bisa diwujudkan dengan traveling. Semakin kita keluar dari rumah, semakin banyak kesempatan yang bisa didapatkan dan semakin banyak pengalaman yang bisa diraih.


Mengenal Dunia Lebih Jauh dengan Traveling




Traveling adalag cara untuk mengenal dunia lebih jauh. Aku yang dulu hanya di rumah saja jelas berbeda dengan diriku yang sekarang ini udah ke sana ke mari. Bertemu dan mengenal banyak orang membuatku lebih banyak mengetahui hal-hal di dunia ini.


Menurutku ada banyak kesempatan yang hilang ketika kita tidak berani bepergian sendirian dan itu sangat disayangkan. Karena di dunia ini banyak hal menarik yang mesti diketahui dan traveling adalah salah satu cara untuk meraihnya.


Kesimpulan


Ada satu quotes yang kudapatkan ketika mengobrolkan traveling dengan seorang teman, yaitu: semakin jauh kamu traveling, bukannya merasa puas, kamu justru ingin pergi lebi jauh lagi. Itu kurasakan sendiri. Tidak ada yang namanya puas ketika jalan-jalan, aku justru merasa kurang dan kurang ketika sudah memulai traveling.


Ketika memutuskan untuk membuat blog www.desimurnati.com, aku berniat untuk menjadikannya travel blog dan ya meski males-malesan, tapi aku akan memulainya mulai saat ini.


Mari berbagi hal-hal indah dan menakjubkan yang kutemui ketika traveling di blog ini.

Menemukan Jati Diri Lewat Traveling, Bagaimana Caranya?
4/ 5
By

1 komentar

  1. Benerrr. Sepakat banget. Karna kita mengandalkan diri sendiri, nggak disangka2 kita bisa mengerjakan hal2 yang sebelumnya tidak terbayang kita mampu, ya kan 🤠🤠 Seri banget solo traveling. Tapi terkadang, bareng teman yang sehati juga ngangenin, biar bisa share cost hahaha. Ah, jadi kangen traveling ... Wait, mungkin suatu saat nanti kita bisa traveling bareng ya mba, meet up di kota mana gitu hihihi 🤩

    BalasHapus


EmoticonEmoticon